Wednesday, February 20, 2008

Pelanggan adalah raja

Saat istirahat siang, saya ke mini supermarket di depan kantor. Ada kejadian lucu, ceritanya begini, ketika hendak membayar di depan kasir, ada satu orang di depan saya hendak membayar barang-barang yang baru saja diambil. Ketika selesai membayar, rupanya si kasir tidak punya uang kecil, lalu dia kembalikan dengan permen. Saat itu, si pembeli marah dan tidak mau dikembalikan dengan permen. Di luar dugaan, si kasir juga lebih marah lagi. Wah ... rame nih ... ngotot-ngototan. Akhirnya saya pisahkan, dan menyuruh si pembeli ini untuk meninggalkan toko tersebut. Lalu, saya nasihatkan si kasir, bahwa ada 2 kesalahan yang sudah dia lakukan. Pertama, kenapa harus dikembalikan dengan permen? Kedua, kenapa harus memarahi orang yang membeli di toko tersebut yang notabene dia bekerja pada toko tersebut. Apa akibatnya? Dia akan kehilangan pelanggan tersebut untuk selamanya, dan bisa jadi teman-teman kantornya pun akan berhenti berlangganan juga. Siapa yang paling dirugikan? Tentu bosnya, sepertinya yang saya katakan ke si kasir.

No comments: